Ternyata Bukan DKL (Edisi Musim Ujian)

Yang biasanya terjadi :

Ngerjain seadanya, ngelupain sebisanya.

Ngerjain ujian seadanya (judulnya, the best i can do..), dan melupakan sebisanya.

Sebisanya karena ya, seringkali ujian membuat orang stress, pra dan pasca ujian.

936546_351460881645819_410519768_n

Masih panas-panasnya selesai Ujian SBMPTN, mungkin juga ujian-ujian lainnya (Simak, USM,dsb) bagi yang mau melanjutkan kuliah. Juga teman sepantaran dengan Gue yang sedang atau baru saja menyelesaikan UAS mereka.

Kampus Gue yang emang kalendernya rada aneh, baru saja menyelesaikan UTS disaat yang lain sedang menghadapi UAS. Gue gatau sama apa engga, tapi diluar fotokopian soal-soal ujian taun-taun lalu, kisi-kisi dosen yang buanyak banget (bahkan kadang ketuker sama kisi-kisi punya jurusan lain), tersebar juga meme-meme konyol, salah duanya seperti yang diatas dan yang dibawah ini :

doing-accounting-exams-meme
Nah yang ini .. Hanya yg sedang atau pernah belajar akuntansi yang paham :”

Intinya meme yang beredar ini tujuan utamanya untuk melepas stres, tapi sering kali memiliki nilai-nilai yang gak banget buat generasi saat ini.

Seperti di meme yang mengawali tulisan ini.

DATANG, KERJAKAN, LUPAKAN

Dulu ini sering  gue praktekan.

Tapi diselipin doa di sela-sela datang dan kerjakan, karena setiap sebelum ujian pasti dipimpin doa sama temen. Yakali orang doa ujian, gue doa makan.

Hingga akhirnya Gue sadar, disaat Gue melakukan hal itu, Gue sedang meragukan posisi Tuhan dalam kehidupan Gue. Gue sedang memisahkan Tuhan dengan kehidupan studi gue. Gimana dengan pekerjaan gue ntar kalo di studi aja gue ngandelin diri gue sendiri ?

Yang biasanya terjadi :

Ngerjain seadanya, ngelupain sebisanya.

Ngerjain ujian seadanya (judulnya, the best i can do..), dan melupakan sebisanya.

Sebisanya karena ya, seringkali ujian membuat orang stress, pra dan pasca ujian.

 

Why ?

  • Belajar yang dari awal terus ditunda-tunda (Ngikutin pepatah “kalo ada sumur diladang boleh kita berjumpa lagi..” kaliya)
  • SKS (Sistem kebut semalam), anak jaman sekarang ini suka mencontoh tokoh legenda masa lalu, dimana dia harus membangun 1000 candi dalam semalam (Roro Jonggrang), Lupa kaliya, ujung ujung cerita begituan selalu miris.
  • SKS akhirnya ngonsumsi kafein (Kopi), jadi lah susah fokus, terus salahin human nature yang katanya kalo ujian otak mendadak hang. Yaiyala, udah sarapan sempat-gak-sempat, malam sebelum belajar minum kopi, sebelum ujian juga ngembat kopi.
  • Dosen. Haha..
  • Dll

Result :

Seringkali ditemuin udah gemetar sebelum Ujian. Keringat dingin, parno-an, deg-degan, udah kayak uji nyali ke kuburan tengah malam.

Belum lagi yang terus ngedumel, “Aduh nilai gue berapa yaa…” “Apes banget, susah banget soalnya… habislah gue…”  Padahal baru aja keluar ruangan ujian.

but.. tahu gak sih ? Mikir gak…

Emang dengan kekhawatiran itu, dengan ajaib, kertas jawaban lo bisa berubah ? yang tadinya punya bentuk karena lo jawabnya bukan dengan soal melainkan esensi visual, jadi ngikutin pola kunci jawaban dosen ?

Emang dengan ketakutan dan ngeluh sebelum ujian, lo yang semalam belajar cuma 2 materi bisa jadi 10 materi ?

Enggak, kan ?

Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? – Matius

Dan Gue sadar, bahwa seringkali kita masih terlalu “main-main” dalam studi. Kita pikir kita serius, cmon… Serius yang bagaimana ?

Dan ini yang menjadi batu loncatan setiap kali Gue merasa terlalu ‘bermain-main’ dengan studi..

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan  dan bukan untuk manusia- kolose

Jika gue mengerjakan segala sesuatu untukNya, maka Gue memulai segala sesuatu itu dengan caraNya.

Jadi pelayanan sejati bukan tentang pelayanan mimbar saja, pelayanan studi saja, tapi setiap sisi kehidupan. Dan soal pelayanan, cmon.. Ingatlah, Dia terlebih dulu melayani kita. Bahkan pelayananNya dalam hidup kita tak putus-putusnya.

Dan, Datang-Kerjakan-Lupakan.. sama sekali bukanlah caraNya. 

Here is it…

tumblr_ls10ipqCMU1qksiy9o1_1280

DOAKAN KERJAKAN DOAKAN

  1.  Doakan

 

Dan ya, sempatkan  Haruskan dirimu untuk berdoa sebelum belajar dan ujian.

Kebanyakan orang, memangkas (emang rumput yang bergoyang) jam-jam doanya disaat-saat belajar untuk ujian.

Benarkah hidup lo itu untuk Tuhan ? Benarkah ujian itu adalah pelayanan untukNya ?

Karena jika Ya, maka gak akan ada namanya discount atau pemotongan jam-jam doa.

Ya, Jadi Menunda Waktu Belajar pun bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Lakukanlah semua dengan baik, untuk memberikan yang ‘terbaik’ kepadaNya.

Bahkan, disaat Gue mulai ketakutan gak jelas, menjelang minggu ujian. Gue bakalan berdoa, karena disana ada ketenangan sejati yang gak pasang-surut kayak air laut.

tumblr_mumwygXfjG1rzadffo1_500

Berbicara tentang doa, gue gak tahu apa bagi lo doa ‘sekedar’ ‘napas hidup’  ? Karena setahu Gue, orang yang terbaring di rumah sakit pun masih bernapas..

Bagi Gue, Doa adalah sesuatu hal yang Luar Biasa, yang Tuhan karuniakan kepada kita. Ada Kuasa dalam Doa. Ada ketenangan dalam Doa. Ada pembentukan dalam Doa. Dan yang terutama, ada Tuhan di dalam Doa.

Dan soal Doa, bisa jadi satu buku sendiri kalo menceritakan kehidupan dan pengalaman doa masing-masing orang, termasuk Gue. Sejauh ini Gue udah baca  buku Jalan-Nya tidak mudah, buku pengalaman Doa Robert Schuller, dan beberapa buku lain. Tapi tetap, Mengalami Doa secara pribadi adalah hal terpenting.  (check this post about power of prayer)

So, Berdoalah.. Sebelum dan Sesudah lo belajar. Disaat lo ketakutan. Disaat lo merasa gak mampu. Disaat lo bahkan merasa terlalu mampu dan bisa. Ya, Berdoalah di segala situasi.

Ya, itulah kenapa kita adalah orang-orang yang lebih dari pemenang. Karena, sebelum masuk medan perang (masuk ruang ujian), kita sudah dahulu memenangkannya bersama Tuhan. 

Ada amen ? ^^

2. Kerjakan

… dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu – Yesaya

Jika lo merasa nervous, ketika lo buka soal dan ZONK, gak semanis yang lo bayangin. Remember, Ada Dia yang menyertai lo. Lo ngerjain Ujian itu bukan lagi tentang lo yang study-oriented, ngejar prestasi (emang ayam dikejar)..

Tapi tentang Diaso, keep calm.. Berdoa lah lagi jika memang ditengah-tengah merasa ragu. Tinggallah tenang.

1416787637248

Percayalah, ketenangan bukan berbicara lo diam merhatiin tuh soal , berharap pena lo bergerak dengan ajaibnya dan menuliskan jawaban ke kertas jawaban. BUKAN !

Tenang berbicara, ketika ada badai, situasi benar-benar sesak, dan lo gak panik atau takut, tapi tetap bisa memuliakan Dia.

3. Doakan

Kelar ujian bukanlah waktu yang pas buat :

Mendumel dan mengeluh betapa sulitnya soal.

Terintimidasi dan ketakutan. Apalagi sampai kebawa mimpi.

Parno-an.

Yang lo mesti lakuin :

Bersyukur.  remember, be light.. Terserah seribu orang diluar ruangan mengeluh, usahakanlah untuk tetap bersyukur. Latihlah ! Karena Gue tahu, ini rada sulit.

Berdoa.

Merasa lo gak mampu ? Merasa yang barusan lo kerjain sungguhlah buruk ?
Gak ada hal jenius lain yang lo bisa lakuin lagi, kecuali : Berdoa.

Disini Gue dapetin makna kuasa ketenangan dalam Doa. Disini lo menyerahkan kepada Tuhan. Disini tampak jelas ketidakberdayaan Gue dibandingNya. Keterbatasan intelek yang Gue tukarkan dengan Iman kepadaNya.

Berdoalah, sampai gak ada lagi kekhawatiran, melainkan Iman kepadaNya.

tumblr_mv1mtrgAeX1s2i6q3o1_1280

Dan temukanlah, Petualangan yang Luar biasa bersama Tuhan di dalam Doa.

Doa bukan tentang menyetor wishlist, melaporkan keadaan, apalagi rutinitas biasa..

Doa adalah mengalami Tuhan. MerasakanNya disegala musim kehidupan.

So.. 

Bukan Lagi D.K.L(Datang Kerjakan Lupakan) , Tapi D.K.D (DOAKAN KERJAKAN DOAKAN)

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. – Roma

tumblr_n0ck29mCyE1smebino1_500

 

God Bless ya’

Buat yang berjuang dalam ujian (apapun) :

Tetaplah Berdoa

Penulis: ndre

He never giving up for my life, why must i ?

Tinggalkan Balasan

