Mengenal Apa itu Special Snowflake Syndrome

Berawal dari membaca sebuah jawaban seseorang di ask.fm, membuat Gue kepo dan berujung menelusuri apa sebenarnya maksud idiom ‘Special Snowflake Syndrome’

Belum lagi kata syndrome yang terdengar ‘begitu’ negatif, sukses membuat gue memutuskan bukan sekedar tahu, tapi “Well… i will write something about this..

Oke, jadi apa sih Special Snowflake Syndrome (SSS) itu ? (Udah kayak martabak aja pakai spesial-spesial segala.)

The Special Snowflake (Also referred to as one with the “Special Snowflake Syndrome” or “SSS”) is a person who believes they are different and unique from everyone else because of something there are or do. This thing they are or do, most commonly is something is something many many other people are doing, E.G.Genderfluid, Therian (Otherkin), etc. Special Snowflakes almost always have a superiority complex.

-Top Definition of urbandictionary.com

Biar gue perjelas dalam bahasa tanah air kita,

Jadi Special Snowflake Syndrome ini adalah sebuah ‘sindrom’ dimana seseorang percaya bahwa mereka berbeda dan unik dari orang lain, karena sesuatu yang mereka miliki atau lakukan. Padahal faktanya, apa yang mereka lakukan atau miliki itu pun adalah sesuatu yang banyak dan biasa orang lakukan.

Dan di definisi bahasa inggris yang Gue lampirkan diatas, ada sebutan contohnya, gue gak akan fokus ke penjelasan term-term seperti itu, tapi biar gue jelasin sedikit.. Genderfluid (Mereka yang percaya atau nge-klaim bahwa mereka bukan sekedar ‘cowok’ atau ‘cewek’, tapi gabungan dari keduanya, its not like queer too much, karena kalo queer kan lebih ke cowok yang men-cewe, nah ini bisa dikeduanya, baik cowok atau cewek), terus Therian (Sepenangkap Gue sih, ini itu orang-orang yang merasa memiliki hubungan spiritual tertentu dengan binatang tertentu, makanya gak jarang juga sekarang muncul meme-meme  ‘spiritual animal’ walaupun terkadang itu lebih ke sarkas yang menyinggung orang-orang aliran therian  ini).

Nah, Gue juga ga nge baca satu artikel atau sumber doang, tapi gue digging sejauh mungkin tentang topik yang satu ini.

WHY Ndre ? Kenapa lo ngebet banget dengan topik ini ?

Well.. dont u get it ? Bahwa generasi saat ini sedang gencar-gencarnya terkena sindrom ini.

Gue bakal jelasin lebih dalam lagi, pandangan dan fakta yang gue dapetin setelah mencari tahu tentang topik ini. Yap, dan mungkin lo bakalan paham betapa SSS-thing ini berada begitu dekat dengan kita.

“You are not special. You are not a beautiful or unique snowflake.”

-Brad Pitt as Tyler Durden, Fight Club (1999)

Secara gramatikal, ‘Snowflake’ artinya serpihan salju.

snowflake

Tahukah sebuah fakta menarik tentang serpihan salju (snowflake) ini ? Bahwa setiap serpihan salju yang berukuran mikroskopis ini tidak pernah identik setiap bentuk sisi dan beratnya satu sama lain. Yang menjadi kesamaan hanyalah bentuk heksagonal (bintang sisi enam) setiap kepingan, tapi detil setiap sisinya tidak pernah sama. Seperti setiap snowflake dicetak secara khusus.

Makanya dianalogikan dengan serpihan salju. Tapi kenyataannya pun, kita, manusia, tidak pernah ada yang identik. Bahkan kembar identik pun memiliki karakteristik fisik yang berbeda (name it.. sidik jari, vokal suara.. dst.) Kalau jika semua orang spesial, atau unik karena tidak ada yang sama, apa yang menjadikan Special Snowflake Syndrome ini adalah sebuah sindrom atau hal yang negatif ?

Jika semua orang unik dan spesial (karena tidak ada yang persis sama), bukankah itu menjadikan bahwa semua orang adalah biasa ?

its like.. world its fair because its unfair for everybody

Jika SEMUA orang spesial, bukankah itu menjadikan bahwa semua orang setara dan berada ditingkat yang samathats why ada sebutan ‘special in its own way‘ atau ‘spesial dengan caranya masing-masing.’ Gak ada sebuah standar atau pakem yang bisa menunjukkan bahwa lo dilahirkan lebih atau kurang spesial dibanding orang lain.

Tapi mereka yang terjangkit Special Snowflake Syndromemerasa begitu spesial dari orang lain. Itu kenapa ada kata ‘Spesial’ di depannya. Karena mereka merasa lebih unik dan lebih spesial dibanding manusia yang memang dasarnya sudah unik. 

Orang-orang ini merasa begitu bangga karena mereka melakukan sesuatu yang tidak mengikuti stereotype.. padahal faktanya, apa yang mereka lakukan pun menjadi sebuah stereotype sendiri. Bedanya, mereka tidak mau mengakui kesetaraan, mereka merasa harus di treat berbeda ( dan lebih baik) dari orang kebanyakan.

Dan kebanyakan di poin tertentu, mereka merasa begitu powerful ketika pandangan mereka dikritik. Mereka bisa menjadi begitu defensif dan agresif jika merasa di-judge.

tumblr_ll2victS4U1qzeglvo1_500
Yap seperti ini contohnya. Hanya karena menyukai hal yang berbeda dan merasa dia ada dikategori yang rare atau langka (c’mon gak mungkin begitu langka jika meme seperti ini banyak yang likes alias merasa relatable), mereka merasa lebih baik dibanding sisi lain atau orang yang tidak memiliki kebiasaan yang sama dengan mereka.

 

avZYYSX

Well… Faktanya memang kebanyakan cewek yang merasa begitu spesial. Fakta ini pun Gue tahu setelah nge-googling dan baru ngeh hal-hal semacam ini memiliki sebutan atau term tersendiri.

 

tumblr_n4pp0hDwNf1toynh2o1_500
Ya karena kebanyakan juga mengalami superiority complex atau merasa begitu superior, maka mereka sering menuding orang rasis atau begitu close minded padahal diri mereka sendiri begitu ‘rasis’ karena merasa diri lebih superior dibanding yang lain.

Nah, dari penjelasan Gue diatas, Gue harap lo lebih paham lagi tentang special snowflake ini. Mungkin di pikiran lo sudah ada list nama-nama orang yang lo kenal yang terkena SSS atau lo mulai sadar bahwa lo selama ini menjurus ke arah SSS.

Well.. its great to embrace yourself, to know yourself that you are specialYa, itu hal yang baik untuk mengenali diri lo, sadar bahwa lo unik dan spesial. Tapi bukanlah hal yang benar untuk merasa diri lebih baik atau berharga dibanding orang lain. Itu hanya akan membuat lo menjadi keras kepala dan bebal karena merasa orang lain jauh lebih rendah dibandingin diri lo.

Dan alih-alih orang merasa lo spesial, orang bakalan merasa lo nyebelin dan ‘sok-sok’-an.

Gue spesial. Lo spesial. Kita spesial. Bahkan martabak pun ada yang spesial #Lha.

Karena itu, kita semua setara, spesial dengan caranya masing-masing.

individualitydemotivator

Well.. thats it.

Hope your days going well and your ways going right.

See you next post ^^

Iklan

10 tanggapan untuk “Mengenal Apa itu Special Snowflake Syndrome”

  1. Untuk artikel yg bagus spt ini, sangat disayangkan penulisannya masih pakai istilah “gue, lo”. Kenapa tidak pakai “saya, kamu, anda”. Bahasa Indonesianya tanggung, campur2. Kadang pakai “ga, gak, tidak”.

    Suka

  2. hai kak, gua baru baca artikel ini, keren banget sih dan gua ga masalahin penggunaan kata gua dan lo, cuman palingan ngasih kredit aja kali ya ke gambar yang ada, soalnya gua suka komik satir ttg cewe yg merasa spesial dibanding cewe lain krn temennya cowo, tp gaada kredit jadi gatau siapa yang bikin hehe…

    anw, temen gua ada yang nunjukin sifat2 gini, terus gua diskusi ke temen yang lain tentang temen gua yang pertama, terus mereka bilang ”kayaknya dia punya syndrom snowflake deh” dan akhirnya gua google baru de gua stumble upon your article.

    cukup seneng si ada yang ngebahas ginian, gua jadi tersadarkan oh iya kita semua itu spesial dengan cara kita sendiri, jadi ga perlu minder baper apalagi caper hehe. makasih kak atas bahan bacaannya siang bolong ini, salam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s